Sabtu, 07 Juni 2014

Bab 7: Analisis Web dan Bab 8:Ekonomi Web

PENGUKURAN WEB

Di bawah ini ada beberapa tools yang digunakan untuk mengeukur website dari segi kecepatan akses dan performanya, serta mengukut banyaknya pengunjung suatu website, berikut ini penjelasan mengenai beberapa tools yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses website.

1.    Pingdom Tools
merupakan sebuah alat ukur kecepatan website dapat di akses, nilai dari sebuah website, dan berapa ukuran dari sebuah website tersebut.

Kelebihan Pindom Tools 
dikategorikan sebagai berikut  :
- Performance Grade : melihat nilai kecepatan performa halaman web, dari akses DNS, browser cache, combine external css dan lain-lain.
- Waterfall : melihat detail kecepatan akses ketika membuka halaman web, dari gambar bahkan sampai seberapa cepat script tersebut dapat di akses.
- Page Analysis : melihat detail analisa halaman web.
- History : melihat detail akses dari beberapa hari lalu. 

Kekurangan Pingdom Tools
Kekurangan yang terdapat pada tools ini, sama seperti tools alat ukur akses web pada umumnya yaitu Membutuhkan akses internet yang stabil, karena tidak mungkin kita bisa mengukur kecepatan akses suatu website kalau akses internet kita terhadap website tersebut tidak stabil/berjalan dengan baik.

2.    GTmetrix
adalah website untuk menganalisa kecepatan web yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan google page speed dan Yahoo Yslow sebagai analyze engine dan untuk menampilkan hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
Dengan GTmetrix juga dapat membandingkan beberapa URL sekaligus dan jika mendaftar sebagai anggota maka dapat:
- Melihat tes sebelumnya untuk membandingkan hasilnya
- Menjadwalkan cek website secara otomatis
- Menyimpan laporan
Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak

Kelebihan GTmetrix :
Dapat menggunakan google page speed dan YSLOW sebagai analyze engine
- Dapat membandingkan beberapa URL sekaligus
- cek website secara otomatis
Dapat menyimpan laporan
Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak.

Kekurangan GTmetrix :
- Jika menggunakan GTmetrix harus menggunakan internet yang cepat.

3.    Alexa Rank 
Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan yang berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Cara kerja Alexa rank Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.

 Kelemahan Alexa:
1. Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
2. Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP (Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam menentukan nilai sebuah web) .

Kelebihan Alexa :
1. Alexa rank akan menampilkan tingkat popularitas dari sebuah situs web yang dibandingkan dengan web milik kita,termasuk jangkauan,tampilan halaman,dan masih banyak lagi.
2. Pencarian analisa akan menampilkan kepada kita yang merupakan syarat untuk kita untuk berkompetisi untuk mendapatkan sebuah traffic 3.Data pengunjung akan menampilkan kepada kita apa yang menarik dari website kita yang dilihat oleh pengunjun – pengunjung website kita 4.Data clickstream akan menampilkan kepada kita sebagai pemilik website dimana dalam mendapatkan traffic dari program keanggotaan dan kemitraan.


CRAWLER

Web crawler adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajah serta mengumpulkan halaman-halaman web yang selanjutnya diindeks oleh mesin pencari (Gatial E,2005). Desain sebuah web crawler harus dapat memenuhi berbagai tujuan yang kadang saling berbenturan, seperti kualitas halaman yang diambil, penyebaran dan pengurangan beban jaringan, kecepatan pengambilan, serta pada saat yang bersamaan tidak membebani server situs yang dikunjungi. Web crawler juga sering dikenal dengan nama web spider atau web robot, yaitu salah satu komponen penting dalam arsitektur sebuah mesin pencari modern. Fungsi utama web crawler adalah untuk melakukan penjelajahan dan pengambilan halaman-halaman web yang ada di internet. Hasil pengumpulan situs web selanjutnya akan diindeks oleh mesin pencari sehingga mempermudah pencarian informasi di internet.

Gambar di atas adalah merupakan arsitektur dari sebuah web crawler. Web crawler memulai kerjanya dengan mengunjungi situs yang sebelumnya alamat situs tersebut sudah diidentifikasikan di dalam sebuah database penyimpanan alamat atau yang disebut dengan seeds atau frontier url.
Dalam kerjanya, web crawler melakukan proses validasi terhadap HTML code dan tautan yang ditemukan pada situs yang dikunjungi. Setelah melakukan validasi, halaman web dan tautan tersebut didownload kemudian diparsing ke dalam tempat penyimpanan utama. Data yang dibawa oleh web crawler secara sederhana hanya berupa text dan metadata. Sedangkan data tautan yang ditemukan pada halaman web yang dikunjungi akan ditempatkan pada seeds (tempat penyimpanan data URL) masuk ke dalam antrian kunjungan selanjutnya web crawler. Secara simultan web crawler mengunjungi situs-situs yang alamatnya terdapat di dalam antrian sampai data URL habis atau dihentikan oleh administrator.

Beberapa contoh web crawler:
1.    Teleport Pro
Salah satu software web crawler untuk keperluan offline browsing. Software ini sudah cukup lama popular, terutama pada saat koneksi internet tidak semudah dan secepat sekarang. Software ini berbayar dan beralamatkan di http://www.tenmax.com.

2.    HTTrack
Ditulis dengan menggunakan C, seperti juga Teleport Pro, HTTrack merupakan software yang dapat mendownload konten website menjadi sebuah mirror pada harddisk anda, agar dapat dilihat secara offline. Yang menarik software ini free dan dapat di download pada website resminya di http://www.httrack.com

3.    Googlebot
Merupakan web crawler untuk membangun index pencarian yang digunakan oleh search engine Google. Kalau website anda ditemukan orang melalui Google, bisa jadi itu merupakan jasa dari Googlebot. Walau konsekuensinya, sebagian bandwidth anda akan tersita karena proses crawling ini.

4.    Yahoo!Slurp
Kalau Googlebot adalah web crawler andalan Google, maka search engine Yahoo mengandalkan Yahoo!Slurp. Teknologinya dikembangkan oleh Inktomi Corporation yang diakuisisi oleh Yahoo!.

5.     YaCy
Sedikit berbeda dengan web crawler  lainnya di atas, YaCy dibangun atas prinsip jaringan P2P (peer-to-peer), di develop dengan menggunakan java, dan didistribusikan pada beberapa ratus mesin computer (disebut YaCy peers). Tiap-tiap peer di share dengan prinsip P2P untuk berbagi index, sehingga tidak memerlukan server central. Contoh search engine yang menggunakan YaCy adalah Sciencenet (http://sciencenet.fzk.de), untuk pencarian dokumen di bidang sains. 


SEARCH ENGINE

Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya. web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis. untuk sekarag ini sebuah search engine sudah mulai di kembangkan untuk lebih memudahkan bagi kita dalam menggunakan search engine tersebut. hasil dari pecarian data biasanya di urutkan berdasarkan tingkat akurasi dan popularitas di search engine tersebut. beberapa search engine biasanya mengumpulkan informasi atau data yang di cari di dalam sebuah basisdata. atau direktori web. dengan search engine tersebut kita dapat mencari berbagai informasi yang kita inginkan dari seluruh dunia, jadi dengan adanya search engine ini sangat memudahkan bagi kita untuk mencari data.
Fungsi dan manfaat search engine search engine mempunyai bebrapa fungsi dan manfaat yang berguna bagi kita yang suka browsing anta lain adalah:
  1. mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan.
  2. Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.
  3. Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.
  4. Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di internet. 
contoh search engine yang sangat populer untuk saat ini, untuk saat ini sudah sangat banyak perusahaan - perusahaan yang mengembangkan teknologi search engine ini, dan diantaranya adalah:
  1. Google
  2. Yahoo
  3. Bing
  4. Ask  .



WEB ARCHIVING

Pengarsipan web (Web Archiving) adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang.

Cara Kerja Web Archiving
Yang paling umum web pengarsipan teknik menggunakan web crawler untuk mengotomatisasi proses pengumpulan halaman web. Web crawler biasanya mengakses halaman web dengan cara yang sama dengan yang dilakukan user yang menggunakan web browser untuk menemukan website yang ingin dicari.

Contoh-contoh Web Archiving
Berikut Ini adalah Beberapa Contoh Layanan yg melayani jasa Web Archiving:

• Archive-it : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Berlangganan yang memperbolehkan sebuah institusi Untuk Membangun, Me-Manage, dan Mecari Arsip web Institusi itu sendiri

• Archive.is : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Gratis Untuk menyimpan Halaman dan berikut juga Gambar dari sebuah website tertentu. Dan bias menyimpan halaman dari Web 2.0.


• Iterasi : Sebuah Layanan Pengarsipan Web yang khusus untuk agensi pemerintahan, organisasi Finansial, brand heritage Dll.

Ekonomi Web
Pemasaran Internet atau e-pemasaran adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll. Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran. Saya akan menjelaskan pemasaran internet seperti periklanan dan penjualan online.

1. Iklan Online
Iklan online adalah tentang membuat website Anda berada di depan orang-orang yang tertarik pada produk atau layanan Anda. Ada sejumlah cara yang berbeda di mana sebuah situs web bisa diiklankan di web seperti iklan kontekstual pada halaman hasil mesin pencari , iklan banner , iklan jaringan sosial , iklan online diklasifikasikan , mengintegrasikan pop – up pada situs yang dikunjungi , jaringan periklanan , dan pemasaran email , termasuk email spam. Secara garis besar Iklan adalah promosi benda benda seperti meja baru, atau jasa seperti kantor pos, tempat usaha, ide, dll yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. 
Iklan Search Engine adalah metode menempatkan iklan online pada halaman Web yang menunjukkan hasil dari permintaan mesin pencari berdasarkan kata kunci dan frase yang dimasukkan oleh pengguna internet atau pembeli potensial . Tiga sumber terbesar dari jenis iklan ini adalah Google dan Yahoo.

Ada tiga metode umum pembelian ruang iklan online untuk berbagai jenis alat iklan :
* Biaya Per Klik juga disebut sebagai Pay Per Click berarti bahwa pembayaran untuk iklan sebanding dengan jumlah klik unik pada banner iklan . Biaya Per Klik berbeda dari Biaya Per Kunjungan dimana setiap klik dibayar terlepas dari apakah pengguna berkunjung ke situs target .
* Biaya Per seribu tayangan berarti bahwa metode pembayaran didasarkan pada jumlah tampilan . Model iklan ini umumnya dicadangkan untuk situs web dengan volume lalu lintas yang tinggi ( lebih dari satu juta halaman yang dilihat per bulan ) . Total harga yang harus dibayar dalam Biaya Per seribu tayangan kesepakatan dihitung dengan mengalikan Biaya Per seribu tayangan dengan jumlah biaya Per seribu unit

* Biaya Per Action atau akuisisi , juga dikenal sebagai atau Cost Per Lead berarti bahwa pembayaran berdasarkan kinerja , dan merupakan metode umum dalam program pemasaran afiliasi . Dalam skema iklan ini , penerbit mengambil semua resiko menjalankan iklan , dan pemasang iklan membayar hanya untuk jumlah pengguna yang menyelesaikan transaksi , seperti pembelian atau sign- up . 

Contoh gambar iklan online:

Dampak/Manfaat Ekonomi Yang ditimbulkan Oleh Iklan secara Umum :

1. Iklan Memperluas Alternatif Bagi Konsumen.           
2. Menimbulkan Kepercayaan.       
3. Iklan Membuat Orang Kenal, Ingat Dan Percaya.
4. Iklan Membuat Orang Tahu Dan Dimana Memperoleh Kebutuhannya
5. Iklan Ikut Membantu Memajukan Perekonomian Negara.
6. Dapat Menjangkau Berbagai Daerah Yang Sulit Dijangkau secara fisik oleh produsen melalui siaran televisi atau radio.
7. Iklan tersebut dipasang oleh Produsen secara menarik di Website, maka kemungkinan besar dilihat oleh konsumen atau visitor.
8. Adanya timbal balik dari iklan ke web. Bila iklan di klik oleh visitor, web tersebut mendapat persenan dari iklan.

2. Penjualan Online
            Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.
Berikut uraiannya:
·         Melakukan aktifitas penjualan
Yaitu menjalankan semua usaha penjualan, dari mencari calon pembeli sampai dengan menawarkan barang kepada calon pembeli. Mencari calon pembeli bisa dilakukan dengan cara iklan atau promosi dijaringan internet. Yaitu dengan memasang materi iklan kita di jaringan internet. Selanjutntya menawarkan produk atau barang, hal ini bisa dilakukan oleh penjual dengan cara memasang katalog produk atau barang yang disertai keterangan pendukungnya.

Penjualan online bisa dilakukan dengan banyak cara. Diantaranya bisa menggunakan web, web blog atau dengan facebook. Namun untuk itu penjual harus membuat atau mempunyai katalog produk online yang bisa menjual karena pembeli akan memilih dan menenttukan atau idak berdasarkan katalog produk yang ada pada jaringan internet.
contoh gambar penjualan online:
Dampak Yang Tersirat Dari Penjualan Online Bagi Ekonomi :

1.   Pertumbuhan Ekonomi Yang Semakin Tinggi
2.   Terjadinya Industrialisasi
3.    Produktifitas dunia industri semakin meningkat, kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. konsumen tidak perlu pergi ke toko.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar